Tips Menjadikan Android Sebagai Remote Control Komputer Anda

Bookmark and Share
 
Berawal dari sebuah keinginan untuk mencari aplikasi seperti mouse bluetooth yang di jual di pasaran, akhirnya saya menemukan aplikasi yang berfungsi sama seperti mouse bluetooth yang bisa berlabel sampai 150 ribu rupiah. Di play store kita bisa mendapatkan banyak sekali aplikasi yang bisa menjadikan android kita sebagai mouse, tapi ada beberapa aplikasi yang menarik yang ternyata memiliki kemampuan luar biasa, tak hanya sekedar menjadi mouse nirkabel. Saya mencoba beberapa aplikasi, dar mula yang bernama ultimate control, unified remote, mobile mouse lite (yg ini sempet tertarik juga, tapi gak jadi di install karena tidak support koneksi dengan bluetooth), remote android mouse dan akhirnya, pilihan saya jatuh ke All In One Remote bikinan hishambakr.

Aplikasi-aplikasi yang saya cari tadi saya pilih karena beberapa alasan, yang pertama bisa koneksi via bluetooth atau wifi dan yang kedua mempunyai banyak fungsi tak sekedar hanya sebagai mouse. Fungsi  lain selain sebagai mouse adalah sebagai keyboard, mengendalikan aplikasi komputer seperti pemutar film, pemutar musik, presentasi, joy pad dan yang ketiga harus support di OS windows ataupun linux, karena saya menggunakan dual OS.

Dari semua aplikasi yang saya coba, beberapa masalah yang terjadi adalah susah koneksi via bluetooth, mungkin karena saya kurang bisa mensettingnya (semua aplikasi yang saya coba tidak bisa koneksi via bluetooh, tapi memang ada menunya), sehingga harus menggunakan koneksi wifi. Inilah yang menjadi masalah saya, karena saya menggunakan windows xp yang tidak support untuk membuat wifi access point, berbeda dengan windows 7. windows xp hanya support membuat ad hoc mode yang tidak bisa terdeteksi oleh Android, jika Anda menggunakan windows 7, anda bisa menggunakan software “virtual wifi router” untuk membantu membuat wifi ap. Masalah lainnya, khususnya untuk aplikasi pemutar film, tombol yang ada tidak berjalan sempurna karena ada pembaharuan software pemutar film tersebut, sehingga shortcut keyboard juga di ganti.

Tapi semua masalah tersebut terjawab oleh All In One Remote. Akhirnya saya membuat koneksi menggunakan wifi tether yang merupakan fasilitas dari hp android ICS saya, dengan fasilitas ini anda bisa membagi koneksi internet dari gadget ke komputer. Aplikasi ini berhasil mendeteksi server dan clientnya. Berbeda dengan remote android mouse, aplikasi ini tidak bisa mendetek adanya koneksi antara gadget dengan server. Dan yang lebih keren lagi, di aplikasi All In One Remote memberikan menu utnuk membuat remote sendiri sesuai kebutuhan kita. Custome remote ini sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah yang sudah saya sebutkan. Misalnya untuk tombol pemutar film media player classic, tombol play, stop, memperbesar volume bisa berjalan baik, tapi memperkecil volume dan full screen tidak bisa. Solusinya adalah kita membuat remote sendiri berdasarkan shortcut di komputer. Tapi ada yang lebih menggembirakan lagi, aplikasi ini bisa di dapatkan secara cuma-cuma.hehehe.... penasaran kan?lihat videonya dulu deh..


 Kalo udah yakin, langsung download aja deh di playstore ;). untuk aplikasi server yang harus di install di komputer, pergi ke link ini.
 
 
 
sumber:meaningoflife

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger